Powered By Blogger

Translate

Popular Posts

Followers

RSS

PERMASALAHAN DAN PERTANYAAN SEPUTAR PENDAFTARAN SM3T #3



Pendaftaran SM3T gelombang/angkatan 3 sudah dibuka sejak tanggal 1 Juni 2013. Jumlah peserta hingga saat ini sudah sampai 22.000 an peserta dengan kuota untuk angkatan ke 3 yaitu sebanyak 3.100. Namun, dalam pendaftarannya masih banyak permasalahan seperti:
1. Adanya pemberitahuan "tidak ada ctatan data yang sesuai nim..." setelah mengisi NIM dan tanggal lahir.
2. Sudah mengisi dan melangkapi data tapi yang muncul belum divalidasi (masih belum dichecklist).
3. Ada LPTK yang tidak bisa mendaftar di SM3T gelombang 3.
Selain permasalahan di atas, banyak juga pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan seperti:
1. Boleh daftar menggunakan SKL?
2. Yang diupload Ijazah asli / FC (berlegalisir)?
3. Yang diupload ijazah sama foto/kah dilengkapi dengan Transkrip Nilai?
4. Kapan berkasnya dikumpulkan?
5. Tes OL dilaksanakan dimana?
6. Seperti apa bentuk tes OLnya?
7. Ada juga yang bertanya bagaimana dan dimana pendaftarannya?

Berikut Jawabannya:

Pendaftaran SM3T dilakukan secara onlie dengan alamat http://seleksi.dikti.go.id/

Jika setelah mengisikan NIM dan tanggal lahir muncul pemberitahuan "tidak ada ctatan data yang sesuai nim .....dst" (tahap II), coba di cek kembali angka-angka NIM dan tanggal lahirnya. Pabila setelah di cek semuanya sudah benar silahkan cek nama dan NIM anda di dikti dengan alamat http://evaluasi.dikti.go.id. Tapi jika NIM dan nama anda ternyata sudah ada di dikti namun masih adanya pemberitahuan "tidak ada ctatan data yang sesuai nim .....dst" (pada tahap II) setelah memasukan NIM dan tanggal lahir, maka abaikan saja, dan teruskan saja pengisisian sampai proses finalisasi. Setelah 4 hari silahkan di unduh ulang formulirnya, pengalaman saya setelah diunduh ulang data yang kosong di formulir pendaftaran seperti nama tercatat di dikti dan asal prodi PDPT akan terisi dengan sendirinya. 

SM3T merupakan program dari dikti, sehingga PTN/PTS yang bukan dari naungan dikti sepertiyang dari salah satunya IAIN yang merupakan naungan DEPAG tidak bisa mengikuti program SM3T gelombang 3 ini.

Khusus untuk lulusan tahun 2013 yang belum memiliki ijazah bisa pakai SKL minimal dari dekan, dapat dilihat pemberitahuannya di http://majubersama.dikti.go.id/?p=652

Sebagai persyaratan awal yang diupload hanya ijazah asli (bukan fc berlegalisir) dan foto saja tidak dengan transkrip nilai, dengan terlebih dahulu mengecilkan ukurannya supaya dapat memudahkan anda menguploadnya.

Berkas persyaratan lainnya dibawa saat wawancara setelah lolos dari seleksi tes online.

Pengumuman administrasi, tes online dll, dapat dilihat dengan cara login pada akun anda masing-masing menggunakan username dan pasword di web http://majubersama.dikti.go.id Kemudian setelah melakukan pendaftaran kita tinggal menunggu pengumuman dan akan dilakukan tes onlline serta wawancara di LPTK penyelenggara SM3T sesuai yang dipilih calon peserta.
Bentuk soal yang di tes online meliputi Tes Kompetensi Akademik (TKA), Tes Kompetensi Umum (TKU), Tes KompetensiDasar (TKD), dan tes keprodian.

Harus diingat! Data anda masih bisa dirubah sebelum anda memfinalisasi data. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam mengisi biodata anda dan jangan terburu-buru untuk memfinalisasi sebelum anda benar-benar yakin dengan data yang anda isi.Karena setelah anda memfinalisasi data maka anda tidak bisa untuk mengeditnya lagi.

Jadwal, Persyaratan, Program Studi yang dibutuhkan, LPTK penyelanggara, dan lokasi penempatan sudah jelas di alamat http://majubersama.dikti.go.id

Info Pendaftaran SM3T juga dapat dilihat di website Universitas Negeri Yogyakarta dengan alamat http://uny.ac.id/

Berikut adalah contoh format Surat Pernyataan Belum Menikah dan Surat Ijun Orang Tua (untuk prsyaratan SM3T).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

ndaah aja said...

ada gak contoh tes tulisnya
aq pengen bgt ikut, tp takut gak lolos :(

Unknown said...

ass...saya mau tanya saya mau daftar sm3t kok nda bisa padahal nama saya sudah ada didikti..kan kalo tahap I gagal gak bisa lanjut tahap II..gimana ya caranya?? trus bisa gak login pake username orang lain yang gak ikut mendaftar??

Unknown said...

assalamu alaikum, saya gak bisa daftar sm3t padahal nama saya sudah ada didikti, kan kalo tahap I gagal gak bisa lanjut tahap II trus bisa gak pake username orang lain yang gak ikut daftar?

Post a Comment